Tujuan utama program ini adalah meningkatkan keahlian penelitian mahasiswa untuk kemudian dikontribusikan pada pengembangan wawasan manajemen yang baru. Program Doktor Sains Manajemen ITB (DSM ITB) menyajikan mahasiswa dengan lingkungan riset yang sangat mendukung dan intelektual.

Para mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang dalam, keahlian dan otoritas dalam bidang manajemen sains serta melengkapi diri dengan kemampuan analitis yang relevan dengan topik ekonomi, perilaku manusia dan organisasi, matematika dan statistik. Keilmuan ini sangat berguna dalam pemecahan masalah, teori pengembangan, dan implementasi bisnis.

DSM ITB juga menerima mahasiswa yang berasal dari latar belakang ilmu sosial lain, jurusan teknik, dan disiplin lainnya

Ilmu Manajemen menerapkan berbagai disiplin ilmu yang menjelaskan konsep yang terkait dengan sumber manajemen (manusia, metoda, mesin, dan uang) untuk mencapai tujuan organisasi yang diharapkan. Oleh karena itu, DSM ITB tidak hanya mewadahi mereka yang memiliki latar belakang manajemen atau ekonomi, tapi juga ditujukan bagi mereka yang memiliki keinginan untuk mengembangkan dan menerapkan manajemen sains dalam pencapaian profesional mereka.

DSM ITB merupakan Program Doktoral Linear dengan Program Sarjana (S1), Program Pasca Sarjana bidang Bisnis, dan Program Pasca Sarjana bidang Sains Manajemen. Namun demikian, DSM ITB juga menerima mahasiswa yang berasal dari latar belakang ilmu sosial lain, jurusan teknik, dan disiplin lainnya (ini disebut Program Doktoral Non-Linear).

Program 3 tahun ini terdiri dari 6 semester yang mencakup 52 SKS untuk Program Doktoral Non-Linear dan 46 SKS untuk Program Doktoral Linear.