foto PPI3

The competition we participated in was a program integrated within the Indonesia Creative Product Fair 2010 sponsored by Trade and Industry Ministry dated 23-27 June 2010. This creative contest consisted of He Creative Business Plan and Indonesia Traditional Food and Beverage Packaging Design Contest. The creative business plan contest required all participants to a design a business plan covering fourteen Indonesia creative subsectors while the Indonesia traditional food and beverage Packaging Design contest required all participants to design a package and product brand for Indonesia specific food.

Ihsan, who represented his team said that in the beginning his participation in that competition was just for fun. We tried to put into practice the  knowledge gained during our course work. These in different subjects  we have learn how to design business plans and how to design less competitive products in “emotional branding”.

Out of curiousity we aren’t in concept to both competitions. The creative business plan and the Indonesia traditional food and beverage packaging design contest. We expected to be nominees.

Subsequently, Thanks be to God, we were nominated to proceed to the final round. In the semi final round of creative business plan contest we met fellow students  from ITB as six out of ten finalists were from our almamater. Unfortunately, there was only SBM ITB team which isn’t on to compete with Prasetya Mulya Jakarta, ISI Denpasar, dan IKJ.foto PPI 2

Before the presentation session in June 26, 2010, all finalists the creative business contest met Madam Hesti Indah Kresnarini (The Chairman of BPEN) to  present our  concepts before hand. She noticed us specially and encouraged us and all youth in general to keep on creating because she believed that it was in the hands of Indonesian youth whether Indonesian could in future  compete successfull with other countries in creative product design.foto PPI 1

Praise  to be God, finally SBM ITB was awarded the first prize for packaging with our  “icip-icip” design  and the runner up our creative “Sangharsa online games” in the business plan contest. For detailed  information of finalist profiles and winners, just visit www.indonesiakreatif.net/index.php/id/news/read/pemenang-kontes-desain-kemasan-rencana-bisnis-ppki-2010. We gained much experience  from these contests in, for examples knowledge sharing in seminars and hearing the, success stories from Indonesian creative entrepreneurs, and package and brand experts in Indonesia. We made friends from all over the country and shared knowledge with them. The most important lesson learned is not to be afraid to try new ideas because all successful products start from ideas.

***foto PPI3Lomba yang kami ikuti ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pekan Produk Kreatif Indonesia 2010 yang diadakan oleh Kementrian Perdagangan mulai dari tanggal 23 -27 Juni 2010 di beri nama “Kontes Kreatif“ yang terdiri dari Kontes Rencana Bisnis Kreatif dan Kontes Desain Kemasan Makanan/Minuman Olahan Khas Tradisional Indonesia. Dalam Kontes Rencana Bisnis Kreatif mengharuskan peserta untuk membuat sebuah rencana bisnis yang termasuk dalam 14 subsektor industri kreatif di Indonesia. Untuk Kontes Desain Kemasan, peserta diharuskan untuk mendesain sebuah kemasan dan merek produk untuk makanan olahan khas Indonesia.

Menurut Ihsan yang mewakili teman temannya menuturkan bahwa awalnya tujuan kami untuk ikut lomba ini sebenernya iseng- iseng saja. Tadinya untuk mencoba kemampuan dan memanfaatkan ilmu-ilmu yang kami pelajari selama di perkuliahan. Kami dari mahasiswa SBM-ITB tentu banyak belajar mengenai bagaimana membuat rencana bisnis dan juga pernah belajar mendesain kemasan untuk produk yang kurang bagus dalam mata kuliah “emotional branding”

Berbekal rasa penasaran, Â kami mengirimkan konsep rencana bisnis kami dan juga rencana desain kemasan kami yang artinya kami ikut kedua kontes tersebut. Akhirnya kami berharap bisa masuk ke final diantara kedua konteks tersebut.

Tak lama berselang:”Alhamdulillah” untuk kedua kontes tersebut kami berhasil masuk ke final. Sebelumnya pada tahap semifinal di bagian kontes rencana bisnis kreatif kami sempat bertemu teman-teman dari ITB karena 6 dari 10 finalis berasal dari kampus kami tercinta.  Sayangnya pada tahap final untuk kategori mahasiswa. hanya kami dari SBM ITB yang lolos untuk bersaing dengan kampus-kampus lain seperti Prasetya Mulya Jakarta, ISI Denpasar, dan IKJ.

Sebelum presentasi pada final tanggal 26 juni 2010, para finalis rencana bisnis kreatif bertemu secara khusus dengan Ibu Hesti Indah Kresnarini (kepala BPEN) untuk mengutarakan langsung konsep bisnis yang akan kami kembangkan. Beliau berpesan kepada kami khususnya dan kepada para pemuda umumnya agar terus berkarya dan berkreasi karena dari tangan pemuda Indonesia lah kreatifitas muncul untuk dapat bersaing dengan Negara-negara lain dalam bidang industri kreatif.foto PPI 2

Alhamdulillah, pada akhir acara tim kami yang mewakili ITB mendapat gelar juara pertama pada kontes desain kemasan dengan produk “icip-icip” dan juara harapan pada kontes rencana bisnis kreatif dengan prouk “Sangharsa online games”. Untuk lebih lengkapnya lagi mengenai pengumuman juara dan profil finalis bisa di cek di website www.indonesiakreatif.net/index.php/id/news/read/pemenang-kontes-desain-kemasan-rencana-bisnis-ppki-2010. Kami banyak sekali mendapatkan manfaat dan pelajaran dari mengikuti kontes semacam  ini. Antara lain imu-ilmu yang didapatkan dari seminar cerita pengalaman nyata dari entrepreneurs muda kreatif Indonesia dan pakar  kemasan dan merek  yang ada di Indonesia. Kami mendapatkan banyak teman dari seluruh Indonesia dan juga dapat saling berbagi ilmu dengan mereka. Yang terpenting adalah jangan pernah takut untuk mencoba ide yang baru karena semua produk yang berhasil sekarang ini berawal dari ide. *

foto PPI 1
Team SBM ITB