publishing 2006 (1) eta 20juni2011Wacana konsep ABG (Academic, Business, dan Government) merupakan konsep triple helix yang menjadi peran penting dalam melakukan kolaborasi dan kontribusi bagi perkembangan dunia pendidikan, industry dan pemerintahan. Selama ini universitas sebagai institusi pendidikan dikenal dengan stigma menara gading dengan produk penelitian yang tidak sesuai dengan pasar, industry dipandang sebagai pihak yang hanya mendepankan keuntungan dan pemerintah dipandang sebagai pihak yang mempersulit birokrasi.

Oleh karena ABG semestinya bukan sekedar konsep namun diperlukan sebuah interaksi dan kerjasama ketiga pihak tersebut agar dapat mendorong ilmu pengetahuan dan terknologi yang terintegrasi dengan pembangunan ekonomi berkelanjutan. Untuk itu, kami menghadirkan pembicara yang kompeten untuk dapat memberikan pencerahan dalam melakukan sinergisitas antara academic, business dan goverment.

Pembicara yang akan hadir pada acara tersebut antara lain: Prof. Nizam (Directorate General Secretary of DIKTI), Dr. Agung Wicaksono (UKP4 dan SBM-ITB Lecturer), Dr. Priyantono Rudito (Vice President Corporate Strategic Planning in PT Telkom, Tbk). Keynote Speaker pada acara ini adalah : Prof. Jann Hidajat Tjakraatmadja ( Direktur Center of Knowledge For Business and Competitiveness SBM-ITB ),

Dalam Talk Show kami berharap bahwa setiap perwakilan ABG akan menjelaskan sudut pandang, kontribusi dan harapan pada pengembangan penelitian, terutama dalam studi bisnis dan manajemen, yang akan mendukung penciptaan penelitian yang berkualitas tinggi. Bentuk kontribusi dari pihak Pemerintah berupa kebijakan, program akselerasi dan sumberdaya yang mendukung kemajuan terhadap Bisnis dan Akademik, kontribusi dari industri dalam mendukung dana riset untuk penelitian dan pengembangan, dan juga kontribusi akademik dalam menciptakan inovasi dan meningkatkan sumber daya peneliti yang handal sehingga dapat mengembangkan penelitian-penelitian yang berkualitas.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Unit Research and Knowledge SBM ITB,

Tlp : 022-2532810 Fax: 022-2504249.

Contact Person : margareth/ supri atau melalui email margareth@sbm-itb.ac.id