Aurik Gustomo lahir di Lumajang 17 Agustus 1973. Beliau adalah salah satu pengajar di SBM-ITB yang saat ini menjabat sebagai ketua Sub Kelompok Keahlian People and Knowlage Management (Sub KK PKM).

Menyelesaikan S1 dan S2 di Teknik Industri ITB dan berjuang keras antara Bandung dan Bogor serta berusaha menyelaraskan kuliah dan kerja, akhirnya pada tanggal 16 November 2011 beliau resmi menyandang gelar Doktor dari Institut Pertanian Bogor dengan Judul Disertasi Pemodelan Pengaruh Kepemimpinan Kolaboratif dan Budaya Perusahaan terhadap Kinerja Tim: Studi Khusus pada PT. Jasa Marga, Tbk. Pembimbing beliau adalah Dr.Ir. M. Parulian Hutagaol, Prof.Dr.Ir. Sjafri Mangkuprawira, keduanya dari IPB, dan Dr.Ir. Utomo Sarjono Putro dari SBM-ITB.

Prof.Dr.Ir. Musa Hubies, MS.,Dipl.Ing.,Dea dan Dr. M. Joko Affandi, SU menjadi penguji pada sidang tertutup, sedangkan Prof.Dr.Ir. Eriyatno, MSAE dan Prof.Dr.Ir. Jann Hidayat Tjakraatmadja, MSIE menjadi penguji pada sidang terbuka.

Tujuan penelitian dari disertasi beliau adalah untuk merumuskan suatu model pengaruh kepemimpinan dan budaya perusahaan terhadap kinerja tim, dalam hal ini diujikan dengan suatu studi kasus pada PT. Jasa Marga, Tbk. Tujuan penelitian dipilah atas dua hal, pertama terkait dengan upaya untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara nilai-nilai personal dengan kinerja tim, tujuan kedua adalah untuk mengetahui pengaruh masing-masing sub faktor dalam kepemimpinan kolaboratif dan tipe budaya perusahaan terhadap kinerja tim sebagai hasil interaksi dari masing-masing anggota dalam tim kerja yang juga membawa nilai-nilai personal masing-masing. Pemecahan masalah dari tujuan pertama penelitian ini menggunakan perdekatan pemodelan analitik, yaitu Model Persamaan Regresi Linier Berganda. Sedangkan tujuan kedua menggunakan pendekatan sistem, yaitu Pemodelan Bisnis Agen.

Dalam proses merampungkan gelar doktornya ini, beliau menemukan berbagai hambatan. Yang paling utama adalah masalah jarak dan waktu, dengan berbagai kesibukan yang sangat padat, dan jarak antara Bandung dan Bogor yang cukup jauh membuat proses pencapaiannya sedikit terhambat. Tetapi hal ini tidak membuatnya patah semangat.

Dengan bimbingan yang sangat baik dari para pembimbingnya terutama dari Pak Utomo yang banyak sekali membantu serta dukungan dari berbagai pihak, maka akhirnya disertasi dapat diselesaikan.

Menurut Pak Utomo selaku pembimbing dari Pak Aurik dan ketua Sub Kelompok Keahlian Decision Making and Strategic Negosiation (Sub KK DMSN), disertasi ini merupakan suatu bentuk kolaborasi yang cukup baik dari dua Sub Kelompok Keahlian (Sub KK), yaitu Sub Kelompok Keahlian Decision Making and Strategic Negosiation (DMSN) dengan Kelompok Keahlian People and Knowlage Management (PKM), hal ini penting karena bisa mendorong penelitian cross Sub KK mengingat sekarang ini permasalahan semakin kompleks dan memerlukan kerjasama yang baik antar Sub KK. Misalnya di Sub KK DMSN punya masalah mengenai tools pendekatan sistem (modeling) dan di Sub KK di mana Pak Aurik bernaung, yaitu Sub KK PKM mempunyai masalah dalam Human Resource Management. Gabungan dari dua masalah itu menghasilkan sesuatu yang menarik, yaitu analisa efek dari interaksi dan dinamika karyawan yang berinteraksi dalam suatu team work adalah tidak statis dan bisa menjadi lebih dinamis. Dalam hal ini mengubah perilaku yang statis dengan pendekatan sistem Agent-Based Modeling sekaligus menganalisa prilaku yang dinamis (Non Linier). Hal ini juga yang merupakan kelebihan dari topik risetnya Pak Aurik.

Selamat atas prestasi yang telah diraih oleh Dr. Aurik Gustomo, semoga menjadi penyemangat bagi rekan-rekan yang lain untuk terus memajukan Bangsa Indonesia. (IM)

***