SBM ITB memamerkan tiga puluh delapan hasil riset bergengsi di Pameran Riset, Pengabdian Masyarakat, dan Inovasi (PRIMA) ITB 2023 di Aula Barat ITB, Aula Timur ITB, dan VLCC (Virtual LPPM Convention Center), Bandung, Rabu (20/12). Puluhan riset dan pengabdian masyarakat tersebut berasal dari enam kelompok keahlian di SBM ITB.

PRIMA 2023 merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh ITB untuk memamerkan hasil-hasil riset dan pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademika ITB. Pameran ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil riset dan pengabdian masyarakat ITB kepada masyarakat luas, serta untuk mendorong kolaborasi antar-civitas akademika ITB dan berbagai pihak.

Sejumlah inovasi yang dipamerkan oleh SBM ITB antara lain aplikasi bernama Ecobiz.id, Aplikasi ini dikembangkan untuk menghubungkan UMKM dengan konsumen secara langsung.

“Melalui Ecobiz.id, UMKM dapat menjalin koneksi dan pertukaran informasi secara langsung, menjembatani kesenjangan antara produsen dengan konsumen,” kata  Fitri Aprilianty, S.Si., M.S.M, salah satu peneliti yang terlibat dalam pengembangan aplikasi Ecobiz.id.

Sementara dalam kelompok keahlian Decision Making and Strategic Negotiation (DMSN), terdapat riset seperti “Sadulur: Big Data Platform untuk UMKM” oleh Santi Novani, S.Si, MT, Ph.D. ; “Acceptance of Urban Air Mobility in Jakarta Metropolitan Area” oleh Yos Sunitiyoso, S.T, M.Eng., Ph.D.; serta “STEP K-12 – Empowering Young Generation with System Thinking for K-12” yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Ir. Utomo Sarjono Putro, M.Eng.

Sementara itu, dalam Kelompok Keahlian Business Risk and Finance (BRF), terdapat penelitian dan pengabdian masyarakat seperti “Pelatihan Pembukuan Digital Serta Pengemasan Paket Wisata dan Media Promosi Digital di Kawasan Wisata Pelabuhan Ratu, Sukabumi” oleh Prof. Dr. Ir. Sudarso Kaderi Wiryono, D.E.A. dan “Assessing the Feasibility and Sustainability of Solar PV in Nias, Sumatra, Indonesia through Techno-Economic Analysis using RETScreen: A Step towards Energy Transition” oleh Dzikri Firmansyah Hakam, S.T., Pg.Dip., M.Sc., Ph.D.

Kelompok Keahlian Operation and Performance Management (OPM) mempublikasikan riset seperti “Formulasi Model Tata Kelola (Governance) Kebijakan Perikanan Tangkap Terukur” yang dipimpin oleh Prof. Ir. Togar Mangihut Simatupang, M.Tech., Ph.D, dan pengabdian masyarakat tentang “Model Rantai Pasok Dalam Pengembangan Industri Kecil dan Rumahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” oleh Dr. Yuanita Handayati, M.S.M.

Kelompok Keahlian People and Knowledge Management (PKM), mempublikasikan riset seperti “Customer Perceptions on Halal-Sustainable Communication in Biotech Company: A comparative Research Analysis in Indonesia & Malaysia” oleh Dr. N. Nurlaela Arief, MBA. Kelompok Keahlian Business Strategy and Marketing (BSM) menampilkan riset “Prepare JUK Members for Value Co-Creation Between Cooperatives Through the Adoption of Digital Platforms” dan ‘Tersambungnya Supply-Demand Komunitas Produsen dan Konsumen melalui Aplikasi Ecobiz.id” yang diketuai oleh  Dr. Ir. Mustika Sufiati, M.Sc.

Kelompok Keahlian Entrepreneurship and Technology Management (ETM) juga turut memamerkan pengabdian masyarakat seperti “Pengembangan Promosi Dan Penjualan Digital Bagi UMKM Kota Bandung” yang dikembangkan oleh Rendra Chaerudin, S.E, MM. Dan dari kelompok keahlian Entrepreneurship & Technology Management menampilkan riset tentang “Model Ecosystem of Share Value untuk Citarum Harum: Sebuah Pendekatan CSR dengan konsep Kolaborasi Berbagi Manfaat untuk mengembalikan fungsi sungai Citarum” oleh Dr. Bambang Rudito, M.Sc.

Sejumlah pengunjung mendatangi booth SBM ITB. Mereka terdiri dari tamu periset dalam negeri maupun mitra luar negeri seperti dari Osaka University, Chiba University, pelaku UMKM, serta mahasiswa peneliti dari fakultas di ITB maupun kampus lainnya. Hasil riset dan pengabdian masyarakat yang dipamerkan oleh SBM ITB pada PRIMA 2023 menunjukkan bahwa SBM ITB berkomitmen untuk menghasilkan hasil riset dan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

Kontributor: Fairuuz Fawwas Alfarizi T, Kewirausahaan 2024